Visi dan Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi dan Misi, Tujuan dan Sasaran

V I S I

Menjadi Program Studi Magister (S2) Arsitektur yang andal, berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya di bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur  untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

M I S I

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan magister (S2) arsitektur yang memiliki kemampuan intelektual dan profesional berstandar internasional, mandiri, dan berjiwa wirausaha dalam bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur,  berkarakter Trikrama Universitas Trisakti;
  • Meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berstandar internasional, berpedoman pada kearifan lokal, di bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur;
  • Meningkatkan peran serta Program Studi Magister (S2) Arsitektur dalam menanggapi kebutuhan masyarakat dan industri di bidang  arsitektur melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  • Meningkatkan komitmen dan konsistensi dalam menegakkan good governance di lingkup Program Studi Magister (S2) Arsitektur.

T U J U A N

  • Mewujudkan Visi dan Misi Universitas Trisaki Program Studi Magister (S2) Arsitekturti melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai arahan penerapan penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.
  • Memantapkan pelaksanaan good governance dalam lingkup Program Studi Magister (S2) Arsitektur guna mempertahankan keberlanjutan institusi dan keilmuan dalam bidang perencanaan       dan perancangan Arsitektur.
  • Menghasilkan lulusan Magister Arsitektur yang berbudi luhur, berpengetahuan luas, cerdas, sehat,mandiri, inovatif, berjiwa wirausaha, mampu berkomunikasi dan bekerja sama, serta menghormati kemajemukan bangsa, yang memiliki semangat Kampus Perjuangan Reformasi.
  • Meningkatkan kuallifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar Internasional guna meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur.
  • Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses pembelajaran yang produktif, efektif dan efisien dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur serta ikut membangun masyarakat adab (civil society).
  • Memantapkan budaya meneliti, publikasi ilmiah berstandar nasional maupun internasional, dan menyumbangkan karya nyata dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  • Memantapkan kemitraan antara Program Studi Magister (S2) Arsitektur dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat  dalam dan luar negeri yang terkait dengan bidang arsitektur

S A S A R A N

  • Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Magister (S2) Arsitektur dipahami oleh pemangku kepentingan dan dijadikan arahan penerapan dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi di lingkup Program Studi Magister (S2) Arsitektur.
  • Dicapai dan dipertahankannya Akreditasi A standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)  dan tercapainya status akreditasi internasional dengan dukungan tata kelola univertata pamong yang partisipatif, andal, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, serta diterapkannya manajemen mutu secara berkesinambungan dan konsisten untuk mendukung pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan.
  • Dihasilkannya lulusan Magister Arsitektur (S2) yang berkarakter Trikrama Universitas Trisakti dan berdaya saing tinggi, baik di dalam maupun luar negeri dengan capaian 30%  lulusan  melanjutkan studi sesuai bidang ilmu Arsitektur, 70% lulusan bekerja sesuai dengan bidang ilmu Arsitektur dan diversifikasinya dengan masa tunggu rata-rata 6 (enam) bulan,  dan 10% diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Tercapainya kinerja lulusan yang berkualitas dan berprestasi,  dibuktikan dengan rekomendasi dari 10 perusahaan besar baik perusahaan di dalam maupun di luar negeri yang bergerak dalam bidang Arsitektur dan diversifikasinya.
  • Tercapainya kualifikasi sumber daya manusia, 90% dosen berpendidikan S3 dengan bidang keahlian sesuai kompetensi program studinya; 80% dosen memiliki jabatan akademik Guru Besar (GB) dan/atau Lektor Kepala (LK); Tenaga Kependidikan yang bersertifikat sesuai dengan bidang tugasnya; rasio dosen:mahasiswa 1:10;  5% dosen mendapat penghargaan bertaraf internasional; 5% dosen memiliki pengalaman profesional sesuai bidang yang bertaraf internasional.
  • Tercapainya proses pembelajaran yang produktif, efektif dan efisien yang berbasis pada Student Centered Learning dan terlaksananya program pertukaran dan kerjasama mahasiswa antar universitas  di dalam dan luar negeri.
  • Tersedianya sarana pendukung pendidikan berupa tempat ibadah, PPPK, kantin, ruang diskusi mahasiswa, ruang himpunan mahasiswa, ruang koperasi mahasiswa, ruang alumni, dan ruang pertemuan.
  • Terciptanya suasana akademik yang kondusif melalui kurikulum yang memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), mendukung keragaman budaya antar bangsa, berbasis kearifan lokal, memenuhi tuntutan kebutuhan pasar dan sesuai dengan ilmu pengetahuan bidang Arsitektur untuk membangun masyarakat adab.
  • Tersedia sarana sistem informasi dan e-learning yang selalu terbaharui baik substansi maupun sarana pendukungnya.
  • Tersedia sarana prasarana kegiatan Tridarma yang meliputi ruang kerja pimpinan dan dosen, ruang kerja majelis Jurusan, ruang pelayanan administrasi akademik, ruang arsip akademik, ruang kelas/diskusi/seminar/pameran/ audio visua, laboratorium, perpustakaan, bengkel, studio, studio Tugas Akhir, yang berstandar internasional yang dapat diakses untuk kepentingan umum.
  • Terlaksananya  kerjasama di bidang Tridarma dengan Program Studi Magister (S2) Arsitektur dsri 5 (lima) perguruan tinggi yang termasuk 500 (lima ratus)  Universitas terbaik dunia, dan  kerjasama penelitian sekurang-kurangnya dengan 2 (dua) industri berbeda yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal internasional.
  • Memberikan hasil kerja nyata dan pelatihan bagi pengembangan sumber daya regional termasuk di daerah binaan Universitas Trisakti dalam bidang Arsitektur dan diversifikasinya.
  • Dihasilkannya publikasi ilmiah nasional dan internasional sejumlah 7 (tujuh) karya per dosen per tahun, dan 1 (satu) Hak Atas Kekayaan Intelektual per dosen setiap 5 (lima) tahun.