Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Trisakti berkoordinasi dengan Program Pascasarjana Universitas Trisakti membuka Program Studi Magister Arsitektur sebagai wujud nyata dari peran sertanya dalam mempersiapkan ilmuwan yang tangguh dalam pengembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi sebagai sumberdaya manusia berkualitas, yang siap menghadapi era globalisasi. Program Studi Magister Arsitektur diselenggarakan untuk menjawab tuntutan pembangunan pada umumnya dan tuntutan pengembangan bidang Arsitektur pada khususnya. Pada dasarnya Program Studi Magister Arsitektur merupakan sarana pengembangan dan penyebaran Ipteks bagi perwujudan cita-cita terbentuknya lingkungan binaan yang tanggap terhadap perkembangan sosial-budaya, teknologi, dan lingkungan.


Program Studi Magister Arsitektur, yang mulai diselenggarakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2000-2001, merupakan Program Studi Magister ke 5 yang dibuka oleh Program Pascasarjana Universitas Trisakti. Program Studi Magister Arsitektur diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 177/DIKTI/Kep/2000 tanggal 6 Juni 2000, yang diperpanjang dengan SK Dirjen Dikti Nomor.1683/D/T/K-III/2009 dilanjutkan dengan Keputusan BAN-PT Nomor: 442/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2014 tertanggal: 18 November 2014, dimana Program Studi Magister Arsitektur memperoleh Akreditasi-B.

Program Studi Magister Arsitektur menyelenggarakan 3 (tiga) jalur pendidikan berdasarkan Konsentrasi Studi atau Bidang Kajian, yaitu:

  1. Konsentrasi Studi Perancangan Asitektur;
  2. Konsentrasi Studi Perancangan Kota dan;
  3. Konsentrasi Studi Praktik Arsitektur.

Sejalan dengan tuntutan akan peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global maka perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Oleh karena itu Program Studi Magister Arsitektur melakukan evaluasi secara terus menerus, menyangkut evaluasi kurikulum dan kemungkinan pengembangan bidang kajian atau konsentrasi studi baru pada Program Studi Magister Arsitektur.